Dan Jika Saja

Dan jika saja menjadi cinta

Akankah kau biarkan

Dengan perjumpaan sekali saja

 

 

Sudah lama aku tidak mencoba menebak, entah apa yang mengusik diri, saat baru saja aku selesai bersuci. Kau datang tanpa desir debu desah angin, jiwa tetiba saja limbung dibumbung perasaaan tak bersuara. Ketika aku melepaskan doadoa satu muara satu nama, gemuruh langit menyempit pada wajahmu. Dan jika saja langit tak begitu sulit untuk kukait, masihkah aku biarkan, wajah dan suaramu datang silih berganti tanpa pelangi. Sekiranya, bukalah aku berpunya hati kau memegang kunci.

 

Sudah lama aku tidak mengeja makna, seketika kau tiba tanpa sebutkan nama: aku mengapit jari menghadap langit, terkecuali hati semacam terhimpit. Kita tidak pernah tahu akan akhir dari langit berganti cuaca, kecuali mencoba menebak bahwa akan ada yang terjebak. Seumpama asap kepada api, yang membumbung ketika api meninggi, begitupun aku kepada kamu, yang melambung ketika hati bertemu kunci.

 

Ketahuilah, jika entah ada esok ada pelosok, kau tetiba diam menahan dada mengeram, kembalilah padaku membawa nama. Pahamilah, apabila entah ada kenangan dan masa depan, aku terbunuh harapan, datanglah ke nisanku, mimpi abadi terindahku adalah melihatmu.

 

Dan jika saja

kau merindu sebab peristiwa tak bernama, masihkah kau melewatkanku begitu saja. Ketika kamar rumahmu menjadi malam tanpa bulan sedikitpun datang. Meskikah tak kaubuka jendela sekadar mendengar suit angin, ada debar jantungku terpaut bersamanya. Merindu tanpa kamu, semacam langit tak berawan: hampa.

 

 

Dan jika saja

Cinta memang memilih. Haruskah aku membiarkan kalbu penuh ragu untuk sekadar menyebut namamu.

 

Dan kalaupun

Cinta sebab dipilih. Biarlah aku menunggu tanpa ragu, sebab doaku berujung namamu. Dengan segala kejutan, Tuhan akan berikan cinta yang lahir dari ingatan.

 

Dan jika saja, aku

Dan kalaupun, kamu

Biarlah kita tak menyesal dari banyaknya kebahagiaan tak bernama.

1 Komentar

Filed under Ceritaisme

One response to “Dan Jika Saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s